Skip to main content

1st year in asibayi

pict : jalan pagi ke warung belanja sayur, busui harus makan dengan gizi seimbang, ga wajib minum susu *teteup

Alhamdulillah, sudah setahun di asibayi.com, toko perlengkapan ibu menyusui milik masku yang berdiri sejak tahun 2009. Bersyukut bisa bergabung di tim ini, mengetahui dunia perASIan yang ternyata begitu luar biasa. Awalnya aku tidak ngeh sama sekali dunia perASIan, pokoknya bayi baru lahir ya nenen itu hal lumrah, trus mimik dot isinya susu kardus juga biasa. Setelah gabung di asibayi.com aku baru ngeh, oooo, ASI tu wajib ya, eksklusif 6 bulan, arti eksklusif brarti hanya ASI, dan ASI sampe 2 tahun plus MPASI yang dimasak sendiri, bukan MPASI instan yang tinggal di"jer-i" banyu. Ke mana ajaaaa iiiiii.

Sebagai pembuat nota, aku harus memahami percakapan antara cust dan CS agar tidak salah rincian barang yang dibuat, sekaligus tahu permasalahan ibu menyusui itu ternyata kompleks banget. Apalagi setelah follow twitter @ID_AyahASI, @tipsmenyusui, @dokterlaktasi, @aimi_asi aku jadi banyak belajar. Terlebih lagi setelah aku bener-bener praktek real jadi ibu menyusui.

Masi teringat terus pas awal-awal Khansa latian nenen, aku dalam kondisi tangan diinfus, terpasang selang kateter, duduk masih sakit karena H+1 SC, belajar menyusui Khansa sambil duduk, menggendongnya pun ternyata aku ga langsung bisa. Ibuku bilang "kok kamu ga bisa gendong anakmu sendiri si" deg! rasa depresi langsung muncul, Oh Allah, betapa ga bergunanya aku jadi ibu, masa gendong Khansa ga bisa, anakku sendiri. Teringat memori waktu aku masih di Jogja, ketika Zahra masih bayi, aku menyesal kenapa waktu itu aku tidak belajar??? Perlahan aku tepis penyesalan dan negatif thinking ga penting. Aku percaya Allah, DIA udah mengamanahiku Khansa, insya Allah sepaket dengan kemampuanku menjadi Ibu, ASI, dll. Pertama nenen Khansa masih bingung puting, latihan berjam-jam sampai badanku basah keringat, perutku sakit bekas jahitan dan juga kepala yang makin lama makin pusing karena duduk terus selama lebih dari 12 jam, a whole night. Rasa haru bahagia ketika Khansa sudah mulai bisa menghisap dan ASI mulai keluar walaupun hanya setetes dua tetes. 

Begitu pula dengan customer asibayi, aku paham kenapa mereka minta segera dikirim barangnya, karena dalam kondisi kegalauan yang teramat sangat, apalagi bagi ibu yang bekerja di luar rumah, mereka benar-benar pejuang ASI, yah, mereka adalah PEJUANG ASI. Perjuanganku belum apa-apa dibanding para ibu bekerja di luar rumah yang tetap bisa memberikan ASIX, dengan tantangannya yang engga mudah tapi mereka terus berjuang *big hug. ASI seret, waktu pumping terbatas, p*t*ng lecet, listrik padam, dll.

Pertama kerja di asibayi agak belum ngeh, produknya sampe ribuan, how to remember all of this?? ternyata ga perlu dihafalin, cukup dihayati, kalo bisa menjiwai, dengan sendirinya bakal hafal plus harganya (maklum bikin nota harus hafal harga :p). Sekaligus feeling emejing, wow, ini barang unik semua ya, never seen before (norak). Ga semua asing siy, ada juga yang udah tau karena dua ponakanku make. 

Awal-awal bikin nota pake tulis tangan, ga kebayang pegelnya kan? xixi. Alhamdulillah orderan makin meningkat dan itu berarti nota makin banyak dan akupun lumayan sering lembur, xixi. Kadang bangun jam2 pagi udah mulai kerja, abis gimana ya, enjoy juga siy, jadi ya seneng :D. Apalagi kalo denger cust puas dan ngerasa terbantu, rasanya seneeeeeng banget bisa ngasi manfaat ke orang lain, escpecially dalam hal breastfeeding. Mulai bulan Juni pake software, pekerjaan nota makin ringan, ga perlu lagi lembur-lembur, eh pernah dink, karena siangnya bubu ciang sama Khansa, malemnya diganti deh buat bikin nota. Khansa mau bubu ciang kalo dikelonin siy, kalo akunya beranjak, dianya bangun, kasian juga kan kalo ga bubu ciang, dia kan butuh, masi baby gitu.

Overall, terima kasih asibayi, semoga aku bisa memberikan kontribusi terbaik kepada asibayi, tidak hanya keuntungan materi semata, tapi juga membantu para ibu yang ingin menuai pahala, insya Allah :)

*ps : someday we'll make klinik laktasi, hope will come true :D

Comments

  1. halo mbak... toko asibayi punya mbak ya? saya sedang ingin membuka toko seperti itu di solo tapi belum tau distributor atau suplier untuk barang2nya.. Tapi sebelumnya minta maaf dulu, bisa ga saya tanya distributor/suplier yang dipakai untuk toko mbak? Kalo berkenan bisaPM atau email kesaya mbak. Saya ingin mencoba berbisnis kecil2an dlu. Terima kasih ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ketika MP makin sepi...

Sedang merasa kompleks MP akhir-akhir ini sepi Yah Maybe lagi ada kesibukan masing-masing Gimanapun juga Urusan di dunia nyata lebih penting Jadi pengen nambah kontak Pengen gabung di "komunitas" baru Tapi ada ga yah Komunitas apaan juga Biar seru aja Kalo sepi terus, jadi ga asyik Kesannya nuntut banget yah Hehe Menurutku, ngempi paling asyik pas bulan mei-juni-juli kemaren Ngerasa komplek MP lagi rame-ramenya Semua kontakku rajin onlen semua Rajin posting Rajin komen-mengomen Seru deh Makanya ni lagi pengen nambah kontak Ada referensi?