terkait quicknote-ku di sini kalo yang namanya produsen ga bakal pernah maju. jadi bermula dari obrolanku dengan adekku, lia, yang lagi mudik cuma buat mengantar barang cantik dari jogja. di rumah lia cerita kalo abiz ikut seminar entrepeneurship di kampusnya. dibilang kalo yang namanya produsen ga bakal maju. dan adekku mengiyakan karena dia inget dengan sebuah toko di jogja. toko busana muslim menjual baju, jilbab, dll. anggep aja nama tokonya adalah "X" terletak di pinggiran kota dan masuk ke dalam. kalo bukan pedagang yang suka kulakan, mbakku ga bakal tau ada toko itu. toko X menjual barang-barangnya dari produksinya sendiri. harganya miring, cocok dah buat yang kulakan. ternyata, toko X yang memasok ke toko-toko yang punya "nama" dan terkenal. ga cuma itu, produknya juga dipake buat merk jilbab terkenal yang ada di tivi2 buat dipake artis-artis main sinetron. kalo langsung beli di toko X itu harganya anggep 100ribu. dan gitu udah masuk toko ternama dan brand terkenal itu harganya jadi dua kali lipatnya. jadi emank toko ternama dan merk jilbab ternama itu kontrak dengan toko X adalah membeli tanpa label. toko ternama dan merk jilbab ternama itu yang kasi label atas nama brand mereka. karena memang begitulah kontraknya. jadi bukan penipuan loh ya, cuma jelas toko X dirugikan (menurutku). coba dia punya power buat kayak toko ternama dan merk jilbab ternama. tentunya dia lebih keren lagi kan. tapi emank ga gampang manajemen dll-nya. nah makanya, mending jadi kayak toko ternama itu yah kayaknya. ga perlu aku jait sendiri, ga perlu aku desain sendiri. yang penting konsepnya ada di aku (misal kayak gitu). trus tadi ada juga yang komen di FB. nyatanya emank gitu, contohnya petani, betapa kita lihat, petani ga dapet banyak dari kerja kerassssssssnya. yang kaya bakul berasnya. hehe
eh tapi ada loh produsen yang sukses juga. dengan catatan dia bikin sendiri sekaligus bikin brand sendiri. contohnya idekuhandmade. adore banget deh sama si puri (owner and creator idekuhandmade). hihi. keren. jadi kliatan produknya "puri" banget. pemasarannya juga oke (kayaknya, aku sebagai penonton, ga sampe wawancara, hehe)
share donk temans gimana menurut pendapat kalian?
kayaknya emang distributor itu lebih banyak untungnya ketimbang produsen.
ReplyDeletepengalaman keluarga produsen kue tradisonal..hehe
hu um mba
ReplyDeleterepotnya iya
kalau begitu, diproduksi dan dipasarkan sendiri aja :D
ReplyDeleteDiproduksi dan dipasarkan sendiri aja kali yak. Klo jadi enterprener, maka harus tau ilmu nya yah.
ReplyDeleteGuru smp ku dulu suka cerita klo sepatu" merk terkenal yg kita impor itu, sebenernya dibuat di cibaduyut, trus dibeli pihak luar, setelah dikasi brand, baru deh diekspor ke indonesia.
*ga tau bener apa ngga*
waktu saya smp mah, percaya" aja. Hihihi
oooh produsen yang begitu toh maksudnyaaa
ReplyDeletebeda loh pedagang biasa sama entrepreneur....
entrepreneur pasti pedagang, tapi tidak semua pedagang itu entrepreneur... liat aja tukang bakso, tukang jualan makanan, dll, klo gak punya ilmu dan strategi marketing apalagi gak punya brand, yaaah gitu,, sayang...
banyak banget kali produsen yang sukses
ReplyDeleterabbani, irnalaperle, produk makanan yg berbrand yang bikin sendiri dll meski produknya dijiplak orang tapi ttp aja laris...
@andiah
ReplyDeleteharusnya gitu
@evi
yup betul
sedih kan jadinyah
@anty
nah tu dia
makanya harus bener menejemennyah
aku baru inget ternyata pedagang sm entrepreneur emang beda jeung...
ReplyDeletebaca bukunya ippho :)
ada produsen yg milih jd pemasok karena ga kuat modal, ga kuat jaringan, de el el.
ReplyDeleteidealnya sih kita produksi sendiri dan masarkan sendiri dengan merk sendiri juga. tapi tidak semua orang mampu begitu.
tapi jangan kecil hati, seperti kata Anty, banyak juga produsen yang sukses kok :) kita usahakan saja semampu kita, berbuat yang terbaik, berusaha sepenuh hati, dengan hati dan cinta, insya Allah kalo rezeki kita di situ, insya Allah sukses kok :)
Contohnya, produk busana muslim anak merk "dannis". Berawal dari ide untuk mengisi waktu dan keprihatinan melihat busana muslim anak yang lecek-lecek, pemiliknya jahit sendiri baju anak dengan kualitas bahan bagus, lalu dipasarkan di teman-teman sendiri, berkembang dibawa teman-temannya untuk dipasarkan, lama-lama punya pabrik gede banget dengan pegawai ratusan. coba deh search profilnya ;)
ini nulisnya di mana sih ki? kok berantakan layout tulisannya.
ReplyDeletedi MP mba
ReplyDeletebrowsernya mba novi kali :p
yup betul
kembali ke pinter2nya menejemennyah
bukan cuma manajemen ki.,. tapi mental
ReplyDeletemental entrepreneur musti dibangun dan terus diasah...
ayoo semangat!
semangat!
ReplyDeleteAku lihat pake versi mobile sih. Mbok yao kalo nulis peletakan huruf kapitalnya diperhatikan. Tanda bacanya juga.
ReplyDeleteaku dari dulu emank ga pernah merhatiin kapital mba
ReplyDeletemasi mending sekarang ga 4l4y
wkwk
serius iki
@ indev: maksudnya kayak produser NIKE gitu, yah? sepertinya begitulah mekanisme kapitalisme global. kasihan buruh buruhnya, kadang disuruh lembur 24 jam.
ReplyDeleteBegitu ya. Kalo boleh ngasih usul sih, cobalah untuk menulis sesuai tata ejaan yang benar, ga perlu yang bagus banget, standar ajalah. Biar yang baca enak dan nyaman. Sayang kan tulisan bagus-bagus tapi gegara penulisan yang tidak digarap baik jadi malas dibaca orang. Lagipula, ntar yang baca ngirain dikau masih abege lagi.
ReplyDeletehihi
ReplyDeletekeputusan tetap milik kiki :)
ReplyDeletekoq ketoke aku reti iku toko ngendi *eh
ReplyDelete*sotoy
Aq jg salut bgt ama idekuhandmade, cemprut, sewstories, dll. Yg berani promosiin barang produk mereka via blog, fb, bazar, nerbitin buku handycraft sendiri dan akhirnya lama2 dikenal org.. Bahkan tv n majalah pun bs meliputnya. Penting bgt kyknya promosi dan pemasaran serta bikin brand sendiri biar ga diakuin punya org lain.
ReplyDeleteOh iya ada satu lg enterpreneur yg lg ngetop, pemilik brand kripik maicih. Walo aq blm pernah makan n memegang langsung barangnya, tp produknya udah kuhapal bgt dari status tmn2 yg mbicarain snack tsb. Mupeng nyemil tu kripik jdnya...
ReplyDeletehm.. tergantung ah mba..
ReplyDeleteklo menejemennya bagus, produsen jauh lebih untung menurutku..
karena dengan modal yang jauh lebih sedikit, kita sebagai produsen juga mendapatkan upah/imbalan selain keuntungan dari penjualan.. sedangkan klo distributor, ya kita hanya mendapatkan keuntungan dari penjualan saja.. hehe..
terus dari segi kepuasan juga sebagai produsen bisa mendapatkan kepuasan tersendiri.. walaupun risikonya jauh lebih capek.. hehe.. *nggak ngerti si mba...
^^
ReplyDeletePM jar
ReplyDeletenjajal bener ora
haha
yup betul banget
ReplyDeleteayo semanga strawberryflanelcraft ^^
iya tuh terkenal banget
ReplyDeleteyang niruin juga udah banyak
nirunya segambar2nya
aku juga belum pernah makan
abiznya pedes katanya
iyap bener
ReplyDeletebisa blajar dari idekuhandmade yang aku taro linknya di atas ^^
nandain dulu, aah
ReplyDelete:)
tadi siang baru ngebahas sama dosen yg punya bisnis di bandung. harga di distro dan FO biasanya 4 sampai 5 kali harga awal. di deket jatinangor juga ada tempat jahit yang dipasok ke perusahaan dg merk terkenal.
ReplyDeletehmm,,, jadi tentang mindsetnya ya ^^
ReplyDeleteyaps
ReplyDeletehu um
ReplyDeletehu um
ReplyDeleteaku mulai bisnis lagi nih, Ki ^_^
ReplyDeletepengen banyak belajar
kapan2 kita sharing bareng, yukkk
bisnis apa mba?
ReplyDeleteyuk yuk