Skip to main content

mengapa serial jepang dan korea banyak disukai?



baca komen mba desi di sini

malambulanbiru wrote today at 8:12 PM

"Sebenernya yang bikin cerita Korea disukai banyak orang apanya sih ya? Jadi penasaran pengen melajarin 8->"

aku jadi terinspirasi buat nulis tentang itu. kenapa drama korea (dan jepang) banyak disukai orang?

1. jalan ceritanya
mengangkat tema-tema yang unik dan kadang (sering kayaknya) diambil dari cerita komik. as we've known yang namanya komik jepang itu bagus dan ceritanya so sweet. emank si kadang khayal banget, tapi menarik!

2. mengangkat tema tertentu
kalo ini drama jepang yang sering kayak gitu. misal yang ada di gambar. judulnya attention please. ceritanya tentang cabin attendant (pramugari). sepanjang serial fokus bener-bener bahas dunia per"cabin attendant"an. bahasnya ampe detail. jadi nambah wawasan buat yang nonton. dan masi banyak tema lainnya, such as presenter TV "anchor woman", pastry chef "zettai kareshi", music "nodame", pendidikan "gokushen", kedokteran "lupa judulnya", and many mooooore.

3. inspiring
pernah kan nonton film yang menginspirasi? gitu juga dengan dorama jepang. setelah nonton meninggalkan sesuatu di pikiran penontonnya. biasanya jadi semangat dan terinspirassi buat melakukan sesuatu. banyak kata-kata yang meaningful seperti yang pernah aku tulis di sini

4. bikin termehek-mehek
aneh ya, malah disukai yang bikin nangis, hihi. sukses mengaduk-aduk perasaan penonton deh. kalo yang kayak gini biasanya dorama korea. walopun nantinya hepi ending, pasti ada episod yang isinya sediiiih bangeeet. menguras bak kamar mandi air mata.

5. lucu
korean drama lucunya karena banyak adegan membayangkan. misalnya gini, yang aku tonton kemaren "my girlfriend is a nine tail fox".ada dua cowok A dan B, sama-sama suka cewek C.C sukanya sama A. tapi ternyata mau nikah sama B. temen-temennya pada mbayangin what will happen at their wedding. dalam bayangan mereka ada 3 skenario:
> A bakal bawa kabur C (ini biasa)
> A bakal bawa kabur B (lucu banget, mereka jadi maho :)))
> A dateng dan bilang kalo ternyata mereka sibling "we have to revenge to our parent" mukyaaaaaaaaaa, makin kacau bayangannya :))

6. blajar english
kebanyakan teks korean and japanesse dorama dalam bahasa inggris. so sekalian belajar dan kalo ada kata-kata baru bisa nambah kosakata. it's fun :D

7. setting
udah ga ditanya lagi ini mah, scenery di sana emank bagus. sebenernya indonesia ga kalah bagus viewnya. cuma kok ya sinetron2 settingannya di rumah terus dan yang dishoot muka-mukanya doank. kalo lagi di kampus/sekolah/mall, kayak di studio, ga di lokasi beneran. kalo K and J dorama selalu setting di tempat sebenernya atau dibuat mirip banget sama sebenernya. jadinya feelingnya dapet banget.

8. soundtrack
tiap serial punya soundtrack sendiri, bukan lagu yang lagi ngehits trus dijadiin sontrek. jadi kayak film dan brasa niat bikin serialnya. udah gitu sontreknya enak buat didengerin.

9. antagonis
udah pasti ada peran antagonis. di K&J dorama, tokoh antagonisnya ga jahaaaat banget. sejahat-jahatnya tokoh antagonis masi bersifat manusia, kadang jadi manusia baik. jadinya ceritanya masuk akal gitu.

10. kawai face
udah pasti ini mah, yang cewek cakep, yang cowok cantik, qiqiqi. jadinya bikin daya tarik sendiri.

overall, serial korea sama jepang kliatan digarap sungguh-sungguh, kayak film, jadinya yang nonton pun puas. pesawat beneran pesawat, terbang beneran terbang, skydiving beneran skydiving, masuk air beneran masuk air, etc. semua dibuat dengan profesional. like this



that's all versi ii, kalo kalian?


Comments

  1. aku setuja dah ama semua point di atas... hahay...

    eh menurutku ada lagi, yaitu ekspresi emosional yg detil tp gak lebay, itu yg aku suka, gak kayak sinetron indonesia yg seolah2 penonton tuh dianggap gak ngarti gmn ekspresi marah jdi kudu dipelototin bgt matanya, kita kayak diajarin gmn sedih itu... hadeh.... penonton lebih pinter berekspresi kok diajari... *ow ow... jadi esmosi benean?? :P

    ReplyDelete
  2. jepang lebih variatif dari korea
    kalau korea, sebagian besar masih mengusung tema utama percintaan ya :D

    ReplyDelete
  3. saya suka adegan yg sebel2 gitu, adegan balas dendam, adegan nggonduk... khas beud ;p
    *baru sekali doank c nonton

    ReplyDelete
  4. Ii, nanti aku sms tanya pilim Korea yang bagus ya. Aku mau ngrental! Ahahaha X)

    My Wife is Seventeen itu kocak, ending-nya bikin banjir air mata. Sweet banget-tapi teuteup bikin nangis. (terus dijiplak ma Indonesia, dijadiin sinetron yg main Agnes Mo.

    Sama My Sassy Girl. Huaaa T^T

    ReplyDelete
  5. @danti
    ya betul itu
    sepakat!

    @andiah
    ga juga kayaknya
    mreka variatif semua

    @desti
    yg dtonton judulnya apa?

    @pak adam
    udah disebutin tuh poin nomer 10

    ReplyDelete
  6. @mb desi
    aku belum pernah nonton ituuuu
    kalo film aku kurang tau banyak mba
    taunya serial :D

    my sassy girl yang ternyata mereka dijodohin bukan?

    ReplyDelete
  7. mungkin karena aku lebih suka J-drama daripada korea, makanya bilang gitu, hehehe

    ReplyDelete
  8. Entah knp, make up para artisnya bs kelihatan sangat natural... Itu mngkn yg bikin aku suka j-dorama dan kadorama...

    ReplyDelete
  9. Danti mesti gaene nonton sinetron Putri Tukar Tambah

    ReplyDelete
  10. aku suka serial Korea yang temanya kerajaan tempo dulu
    sebenarnya kita juga kaya sih cerita
    cuma kita mesti dibumbui mistik yg gak masuk akal
    klo di drama Korea ada mistik juga tapi sebenarnya itu cuma siasat pihak antagonis dan ada penjelasan ilmiahnya

    ReplyDelete
  11. Nonton film, i. Nek serial aku ga sabaran. Hehe. Tapi mungkin seninya di tarik-ulur itu ya yang bikin gemes.

    Coba tonton My Wife is Seventeen

    ReplyDelete
  12. @april
    iya sebenernya kita punya cerita yang bagus2 juga
    cuma mungkin belum bisa mengemasnya ya

    @mb desi
    iya mba
    di tiap episodnya ada hal yang lucu, seru, tapi ga tarik ulur kok
    ngopi donk :D

    ReplyDelete
  13. Adegan ngambek favorit itu ada di Full House.

    Si cewek jatuh pas latian sepeda. Terus nangis. Terus dikata"in cengeng. Terus si ceweknya bilang, apa, aku ga mau es krim, kayak anak kecil aja. Tapi terus pas dibeliin es krim beneran dia cengengesan seneng. Suka adegan itu X)

    Kurang lebih gitu. Hehe

    ReplyDelete
  14. wkwkwk... kok teu c mba? tp ak gak suka kok, kan itu kesukaan mommy, mo gak mo dadi nuntun, tp tetep ra nganti bar og, hahaha :P

    ReplyDelete
  15. @mb desi
    aku malah blm prnh nntn full house
    *ke mana ajaaaaaa ii XD

    ReplyDelete
  16. ga semuanya aku sepakat..hehe..sebenernya serial asia timur itu kebanyakan punya kesamaan pola..jadi bisa ketebak lah endingnya gimana, bakal jadi sama siapa, kaya ada "rules" di semua serial, aku pernah bikin tulisannya di fb, sama kaya india atau sinetron indonesia yang punya rules, jadi di tiap film ada (misal kalo india nyanyi ujan-ujanan, kalo korea, cinta segi 4, dan masih banyak lagi)

    kenapa orang ngikutin terus, kupikir karena candu, kalo aku sih begitu. sekali nonton biasanya akan penasaran dengan episode selanjutnya, jadi deh diikutin terus sampe akhir. untungnya serial ini cuma sekitar 20an episode, ga kaya sinetron indonesia atau telenovela

    kalo ngangkat tema tertentu, setuju juga, ada yang tentang pilot, penyiar, tukang roti, walikota, dll. itu aku suka, karena aku jadi tau kehidupan profesi lain. tapi sebenernya itu hanya sebagian. kebanyakan tentang pengusaha aja gitu, punya perusahaan, ahli waris keluarga kaya, dengan konflik yang ga jauh-jauh dari perebutan harta, intrik, dendam

    menurutku yang bener-bener menginspirasi sih ga banyak, hehe, sampai saat ini yang inspiring banget buatku cuma "bakers king", "city hall", dan "jewel in the palace" (katanya god of student bagus ya, aku belum sempet nonton)

    selebihnya kenapa disuka? mungkin karena cowonya "manis-manis" (bukan secara harfiah, tapi manis seperti yang kubahas di blogku) dan cewenya biasa aja, jadi bikin cewe-cewe menghayal (peace ya) atau merasa terwakili, kita yang culun atau biasa aja kaya gini, bisa dapet cowo pangeran manis kaya gitu juga..

    begitulah analisa saya, maaf kalau ga berkenan

    ReplyDelete
  17. waduh..komen gw panjang amaat

    maap ya i..

    ReplyDelete
  18. Termasuk Cinta Cenat-cenut..kalo dikoreain jadi apa ya?

    Tapi sebenarnya buatan Indonesia tetap yang paling disukai..buktinya Tuan Prabu masih eksis mencari putri yang "tertukar"..C#

    ReplyDelete
  19. @ludi
    gapapa
    malah suka komen panjang
    haha

    aku tau kok yang dimaksud ludi
    because it's u

    ga semua dorama korea cinta segi 4
    karena ludi belum nonton semua kan

    yang ludi sebutin serial korea semua
    yang aku bilang inspiring yang jepang kan (point 3)

    mengkhayal? kalo aku masi SMP mungkin iya, tapi i'm 26 di, jadi out of mind lah
    lagian kalo aku pake HSnya it doesn't mean mengkhayal
    it just for fun

    anyway
    i like ur comment
    it's just like u
    *ya iyalah :D

    ReplyDelete
  20. saya pernah membaca hasil riset di USA yang dituliskan di sebuah koran (lupa di mana dan saya bacanya udah beberapa tahun yang lalu),
    risetnya mengenai pendapat masyarakat USA tentang film Hollywood dan Korea.
    ternyata mereka lebih suka film Korea.
    salah satu alasannya film Korea itu gak bertele2. kalau memang seharusnya tamat ya tamat.
    dan alasan mereka mengapa kurang menyukai film Hollywood karena film2 Hollywood kebanyakan menonjolkan sisi kehidupan seks.

    begitulah dari yang pernah saya baca.


    kalau dari pendapat saya,
    setuju dengan pendapat2 di atas.
    apalagi yang nomor 8.
    K dorama yang saya suka ada Jewel In The Palace,Full House,dan beberapa lainnya.
    Kalau J saya suka Dragon Zakura,dan beberapa lainnya.
    Pengen nonton one litre of tears tapi gak kelar2.


    Gomen nasai kepanjangan.
    Serasa nulis jurnal,padahal ngetik di komen dan via HP. :d

    ReplyDelete
  21. memang ga semua..toh ga semua film india ada adegan ujan-ujanan kan? hehe, tapi banyak yang begitu, korea sama taiwan sih yang banyak segi 4 nya, dan ada rules lainnya, bukan cuma itu

    kalo jepang aku ga banyak liat, kayanya cuma yang dulu ada di tv, anchor woman, long vacation, beautiful life, sama aku nonton dvd 1, judulnya apa ya, tentang sekolah gitu

    ReplyDelete
  22. @Rama: nail art kemarin bagus yaaa #ditimpuk air brush ma ii

    ReplyDelete
  23. @mb desi
    u know me so well, indeed :-*

    @rama
    yup
    bener banget
    KnJ ga saru
    bisa dibilang gitu
    kalo serial/film hollywood isinya mesthi gitu2 :(

    ReplyDelete
  24. ya,Mbak Desi.
    apalagi yang temanya kencan itu,eh sama yang final juga keren

    ReplyDelete
  25. Aah, ada 1 lagi aku lupa judulnya. Yang cewek punya penyakit lupa. Lupa judulnya, aduh. Itu bagus.

    Terus 'diadaptasi' ma Hollywood jadi film 50 First Date.

    Tapi aku tetep suka versi Korea-nya

    ReplyDelete
  26. @ludi
    iyap
    emank ga semua 4 orang gitu
    aku pernah nonton yang ga 4 orang kok

    yup anchor woman bagus
    dan J-dorama lebih pendek serinya
    maksimal 11 episod

    @mba desi
    mending aku ditimpuk tipi aja mba :D
    *nyumbang tipi ke aku maksudnya :p

    ReplyDelete
  27. @mb desi
    iya aku juga pernah nonton
    judulnya lupa juga
    yang dia kena alzeimer kan
    iya lebih touchy yang korea
    yg 50 first date, u know lah isinya gitu2 :p

    ReplyDelete
  28. aku malah ngerasa, jepang yang kutonton belum ada yang menginspirasi banget, biasa aja, seperti katamu, for fun, haha

    aku nemu beberapa film menginspirasi malah dari hollywood, hehe. trus ada 1 film india yang inspiring banget, judulnya baghban, hehehe *ko jadi kemana-mana

    ReplyDelete
  29. Hahaha .. Bentar, aku mau ketawa baca komennya Rama dulu :))

    ReplyDelete
  30. @rama
    okeee
    aku jawab satu2 yaaaaa

    "saya pernah membaca hasil riset di USA yang dituliskan di sebuah koran (lupa di mana dan saya bacanya udah beberapa tahun yang lalu),
    risetnya mengenai pendapat masyarakat USA tentang film Hollywood dan Korea.
    ternyata mereka lebih suka film Korea.
    salah satu alasannya film Korea itu gak bertele2. kalau memang seharusnya tamat ya tamat.
    dan alasan mereka mengapa kurang menyukai film Hollywood karena film2 Hollywood kebanyakan menonjolkan sisi kehidupan seks.

    begitulah dari yang pernah saya baca."

    sepakaaaaaat

    "kalau dari pendapat saya,
    setuju dengan pendapat2 di atas.
    apalagi yang nomor 8"

    iyap betul
    suka lagu apa rama?

    "K dorama yang saya suka ada Jewel In The Palace,Full House,dan beberapa lainnya.
    Kalau J saya suka Dragon Zakura,dan beberapa lainnya.
    Pengen nonton one litre of tears tapi gak kelar2."

    belum pernah nonton semua masa :D

    ReplyDelete
  31. yeee,itu mah sama aja,
    CoPas komen saya trus dibalas dikit.

    ReplyDelete
  32. @ludi
    "aku malah ngerasa, jepang yang kutonton belum ada yang menginspirasi banget, biasa aja, seperti katamu, for fun, haha"

    it just for fun-nya beda konteks di
    kalo aku kan dalam hal suka pemainnya
    ludi bilang dalam hal serial jepang-nya
    beda donk

    yang inspiring: attention please, hotaru no hikari, zettai kareshi, yama onna kabe onna, my boss my hero, masi banyak lagi si
    kalo ludi udah pernah nonton itu dan menurut ludi ga inspiring
    brarti cara pandang kita emank beda
    dan itu wajar
    :)

    ReplyDelete
  33. aku taunya my wife is eighteen, film cina, yang main ekin cheng, itu juga bagus

    ReplyDelete
  34. hahaha.... *ketawa juga baca komen rama

    *nyimak komen2 aja, udah kehabisan pendapat, smwnya pinter2... :P

    ReplyDelete
  35. @rama
    jadi harusnya gimana
    *nangis

    ReplyDelete
  36. @danti
    hayah
    emange iki opo yo
    do serius2
    qeqeqeq

    @ludi lagi
    india yang inspiring menurutku:3 idiots

    @mb desi
    mari kita ketawain rama :p

    ReplyDelete
  37. nanti kucoba cari, kalo ada gratisan, haha, kalo ga ya males, lumayan menyita waktu juga soalnya

    my boss sempet ada dvdnya di rumah, tapi ga bisa disetel di kompi waktu itu, yowis ta' balikin tanpa ditonton, hehe

    ReplyDelete
  38. betul betul betul.... kalo lihat drama korea / jepang kadang mitip sama kehidupan sehari2...haha padahal udah tau itu film,

    kalo drama amrik, maaf meskipun banyak yg bagus cuman karena budayanya udah kejauhan gw ga bgt suka :)).. dan sayangnya sekarang drmaa korea dan jepang ada sebagian yg mulai kebarat2an (adult content termasuk didalamnya)

    ReplyDelete
  39. @ludi
    ga usah dipaksa nonton
    :))

    emank ga semua orang suka nonton kok

    tapi buat yg hobi, they think it doesn't wasting time
    just like when i'm sewing
    my mom think that i've wasted time
    but for me, it doesn't
    because i know how to manage my own time :)

    ReplyDelete
  40. for fun dalam versiku gada konteksnya i, hahaha *ngaco*, aku gatau konteksmu gimana :D

    bisa fun karena aku suka karena pemainnya, bisa fun karena ceritanya bikin aku ketawa-ketawa, itu termasuk fun buatku, ga peduli itu korea, jepang, atau mandarin sekalipun

    contoh: nonton kartun doraemon, itu fun buatku, hehe

    ReplyDelete
  41. @emokidonlastevening
    yup
    makanya harus selektif

    ReplyDelete
  42. kalo itu sih kita semua juga tahu..makanya ga kusebut, karena itu kan udah umum, sama kaya slumdog millionare

    ReplyDelete
  43. @ludi
    soalnya ada kata "seperti katamu, for fun"
    makanya aku nganggep ludi nyamain konteksnya


    haha
    serius amat buuuuu
    XD

    ReplyDelete
  44. @ludi
    karena aku taunya 3 idiots
    makanya aku sebutinnya itu

    ReplyDelete
  45. aku kan cuma mengutip, for fun-nya, hoho

    yah, nasipku lah emang, mau gimana gayanya juga dianggepnya serius atau marah-marah terus, padahal icon ketawa, hehe, atau nyengirnya udah seabrek-abrek, huhuhuhu

    ReplyDelete
  46. saya sih seneng film korea karena sangat menganggap keluarga penting sekali... kekeluargaannya erat...

    ReplyDelete
  47. @ludi
    aku tau kok
    :D
    seru aja kekeuh2an sama seorang ludi
    XD

    @patriotika
    yupeeeee

    ReplyDelete
  48. Nonton film Korea: The Way Home.

    Itu bagus banget!

    Kisah seorang cucu yang dititipin di rumah neneknya di desa. Bagus banget.

    ReplyDelete
  49. Ternyata pengalamanku nonton pilim Korea lumayan juga ya, untuk ukuranku sendiri tentunya ahahaha X)

    ReplyDelete
  50. lagunya keren-kerennnn, aku juga pernah bikin postingan 8 alasan menyukai darama korea, hehhehe

    ReplyDelete
  51. iya mba... sebuah film yg minim dialog tpi dalem ceritanya...
    aku nuntunnya ampe nangis2... padahal lg di rumah temen, diledek habis2an jadinya... :')

    ReplyDelete
  52. bbrp yg inspiring aku suka..
    rta2 film jepang itu inspiring, mmbhs profesi, dan mmbhas cerita kehidupan yg tdk monoton..
    dan aku sukanya yg serialnya singkat aja..hehe..

    ReplyDelete
  53. @mb desi
    belum pernah nontooon
    wah iya tuh
    mba desi lumayan lebih tau sebenernya :D

    @danti
    jadi penasaraaan

    @firsty
    meluncurrr

    @ima
    yup
    love J-dorama

    ReplyDelete
  54. Hahaha yang ini aku suka bangeeet lucu soalnya

    ReplyDelete
  55. Coba nonton, Father, My Mother, trus A Moment to Remember,,,itu kereeeen ceritanya..hehee

    ReplyDelete
  56. Aku setuju sama semua diatas,
    Tapi kadang tuh serial Korea tengah-tengahnya bikin borring,,hgeheee

    ReplyDelete
  57. hehehehe emang beda karo serial indonesia, kadang serial2 kuwi iso imbang antara sisi antagon jahat n sisi antagon yang bikin kita berempati sama antagon

    tapi gimana juga nek serial jepang senenganku ya anime nek ga tokusatsu hihihihi

    ReplyDelete
  58. Juragan plus bandar film donlotan Jepang ma Korea muncul juga *lirik Pipet

    ReplyDelete
  59. Wkwkw, aku aja suka ngerampok. Hehhe. Eh coba deh mbak nonton Mom Never Dies. Itu tentang penulis yang meninggalkan ibunya. Bagus
    http://amathonthe.multiply.com/reviews/item/14

    ReplyDelete
  60. Jadi inget temenmu di Jerman yang diusir gara" ngabisin benwid buat dnlod serial Korea, dll. Okee meluncur ke rental

    ReplyDelete
  61. Wkwkw, iya si mbak Kath, hehe, okee kalo udah nonton kasih tau ya

    ReplyDelete
  62. @mpit
    sensei
    akhirnya dikau dateng juga :D

    a moment to remember udh prnh nntn
    yg lain blm
    ngopiiii :p
    iya kdg boring krn 16 episod pun masi brasa kbanyakan
    *apalagi sinetron indonesia :D

    @mb desi
    masa?
    ngabisin benwit?
    wkwkwk

    @priyo
    yup
    wajar gitu ya antagonisnya
    anime ya
    bagus2 juga
    *pernah nonton tp pd lupa judulnya

    ReplyDelete
  63. Hai kok taiwan gak disinggung hehhee, di website biasa aku nonton drama, yang lagi ngetren taiwan tuh minggu2 ini hehhehe...

    ReplyDelete
  64. @yulidrifaduru
    owh
    karena ga ada pinjeman aja yg taiwan
    huehehe

    @filly
    noumo...noumo.....noumo...chuae :D

    ReplyDelete
  65. Hehehe ketularan si gumiho tuh aku juga ntn ampe selesai..

    ReplyDelete
  66. Nonton Cannel X Taiwan deh seru keren, menyentuh tapi gak cengeng. Heheh menurutku. Ada Joe di sana... hm lg nunggu episode berikutnya...

    ReplyDelete
  67. Joe Cheng pemain It Started With A Kiss, tapi di sini dia cool banget deh...

    ReplyDelete
  68. belum pernah nonton itu

    kalo taiwan ga gitu tau

    ReplyDelete
  69. nang kene malah ora tau nonton drama ....

    ReplyDelete
  70. @pakgambar
    kayane ora seneng nonton si ya?

    @yulidrifaduru
    owh
    wakarimashuta :D

    ReplyDelete
  71. satu lagi kiii
    karena episode mereka engga kayak cinta fitriii :))
    klo ada SP ya ada tapi nggak kek sinetron indo wkwkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ketika MP makin sepi...

Sedang merasa kompleks MP akhir-akhir ini sepi Yah Maybe lagi ada kesibukan masing-masing Gimanapun juga Urusan di dunia nyata lebih penting Jadi pengen nambah kontak Pengen gabung di "komunitas" baru Tapi ada ga yah Komunitas apaan juga Biar seru aja Kalo sepi terus, jadi ga asyik Kesannya nuntut banget yah Hehe Menurutku, ngempi paling asyik pas bulan mei-juni-juli kemaren Ngerasa komplek MP lagi rame-ramenya Semua kontakku rajin onlen semua Rajin posting Rajin komen-mengomen Seru deh Makanya ni lagi pengen nambah kontak Ada referensi?