Skip to main content

pondok pesantren

pas kemaren di kosan ely dalam rangka belajar bareng, pastinya juga banyak sesi ngobrolnya, heu. salah satunya tentang pondok pesantren. aku dan ely sama-sama anak yang mau jadi santriwati tapi gagal. sayang sekali. dulu pas liburan naik kelas jaman SD, ortuku slalu masukin aku di pesantren liburan selama sebulan di pondok miftahussalam Banyumas (sebelah RSU banyumas). ga cuma aku, tapi juga kedua kakakku. tujuannya biar latian "mondok" karena kepengennya ortu abiz lulus SD aku nerusin di pondok pesantren. walopun cuma sebulan dan jarak rumah-pondok ga jauh (20 KM), ternyata aku bukan anak yang gampang adaptasi. tiga hari pertama diisi dengan air mata, huehehe. nangis terus ey kangen rumah. mungkin melihat kondisi itu, lulus SD aku ga jadi dimasukin gontor, padahal tetanggaku yang seumuran berhasil masuk gontor juga. pupus harapan orang tua, tapi ga bikin mereka putus asa. lulus SMP aku mau dimasukin gontor lagi, tapi tapi tapi. karena kalo masuk pondok setelah SMP, ada masa adaptasi setaun, jadi sekolahnya 4 taun. pikirku waktu itu "ntar aku tambah tua, udah masuk SDnya ketuaan umur 7 taun". jadinya lagi-lagi batal. dan penyesalan selalu datang belakangan. setelah aku tambah umur, merasa "mondok di pesantren" tu emank butuh yah, hmmm. semoga anakku nanti bisa mondok di pesantren semua ^_^

Comments

  1. gak punya cita2 mondok...hi..hi...

    ReplyDelete
  2. Yo..njaluk no HPmu ngeneh......PM

    ReplyDelete
  3. nomer hp priyo dipajang di MP kok

    ReplyDelete
  4. aku mondok di pesantren modern ki
    3 tahun kelas 1-3 SMP aja
    heee

    ReplyDelete
  5. apa izya ora tau niliki porpile ...hi..hi..

    ReplyDelete
  6. @anty
    namanya apa?
    wah brarti SMP udh jauh dr rumah?
    berani yah
    ga nangisan :D

    @pakgambar
    buka profile pake versi mobile
    otomatis ana

    ReplyDelete
  7. Assalaam
    masih di sukabumi tapi jauuuhh bangeeddddd
    dia sukabumi ujung udah deket bogor
    nangisan hehehe
    tapi lama2 betah kok
    temen2nya seruuu
    malah pas mau pindah dari pondok pas SMU akunya malah sedih ninggalin pondok
    huhu
    padahalkan aku pengennya terus disana...
    berhubung ayahku baru meninggal, ibu minta aku sekolah di rumah aja :)

    ReplyDelete
  8. ralat: *di sukabumi (line 3)
    *di deket rumah aja (last line)

    ReplyDelete
  9. @anty
    itu assalamnya sama kayak yang di solo ga?
    pantesan anty gaul
    soalnya pondoknya modern
    hehe

    iya yah
    serru pas perpisahan
    aku juga dulu yang pesantren liburan
    wlopun cuma sebulan
    abiz tu pada sedih pisah

    ReplyDelete
  10. haaiyyaaah
    pondok modern assalam itu tipe gontor ki
    gontor abis deeh
    sistemnya pake punya gontor
    anty dapet banyak hal bangeeedd dari pondok heuheu

    tapi beneran kok pondoknya gak kayak pesantresn (belajar islam dll)
    tapi disana lebih ke penggunaan 2 bahasa english and arabic
    terus pelajarannya kami double ki
    pelajaran pondok (ada raportnya) sm pelajaran umum (kayak di SMP, raport umum)
    heuuuu
    mabok deeeh kalo udah ujian
    1 bulan ujian
    ujian lisan, tulisan (pondok) sm tulisan (umum)
    wedew banged deeh

    ReplyDelete
  11. iya tuh mabok sama banyaknya pelajaran
    tapi bagus juga
    ilmunya jadi banyak
    trus blajar mandiri juga

    aih jadi pengen

    ReplyDelete
  12. aku juga pengen anak-anakku mondok
    setelah baca buku negeri 5 menara :D

    ReplyDelete
  13. aku belum baca tu novel
    pinjem ki :D

    ReplyDelete
  14. haha saya juga ngalamin pondok liburan, di ponorogo juga
    ujung2nya belum selesai acara pondok uda pulang duluan dan minta dijemput,
    gue pas SD kecil banget srg jadi korban bully
    SMP dan SMA sempet dibujuk utk ke assalam solo/gontor ponorogo tp gagal juga

    ReplyDelete
  15. haha
    ternyata alumni pesantren liburan juga

    ReplyDelete
  16. Aku emoh mondok pesantren .. ga suka (gampang bosenan) rutinitas. Maklum jiwa seniman ;)

    besok biar anakku ajjah. Salah satu mau ta' masukin ponpes, insyaAlloh.

    ReplyDelete
  17. oke deh
    ntar anak kita ketemu di pondok ya mba :D

    ReplyDelete
  18. mondok itu asyik memang. banyak pelajaran dan pengalaman yg bisa didapat. warna warni banget isinya. karena skrg aku udah tua, jd yg aku pikirkan dari baiknya ponpes adalah paling ngga selama abg anak2 itu nggak terjerumus pergaulan bebas, hedonisme dan disorientasi diri. soalnya selama di pondok kan ideologisasinya kenceng. hehehe. eh tp entah juga kalo pondoknya pondok yang ideologinya syubhat ya.

    ReplyDelete
  19. Hedeuh..Betul sekali, dulu juga dapet sekolahan 4 tahun

    ReplyDelete
  20. @mb novi
    qt punya pikiran yang sama
    *tossss

    @red
    hoho
    ponpes mana?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ketika MP makin sepi...

Sedang merasa kompleks MP akhir-akhir ini sepi Yah Maybe lagi ada kesibukan masing-masing Gimanapun juga Urusan di dunia nyata lebih penting Jadi pengen nambah kontak Pengen gabung di "komunitas" baru Tapi ada ga yah Komunitas apaan juga Biar seru aja Kalo sepi terus, jadi ga asyik Kesannya nuntut banget yah Hehe Menurutku, ngempi paling asyik pas bulan mei-juni-juli kemaren Ngerasa komplek MP lagi rame-ramenya Semua kontakku rajin onlen semua Rajin posting Rajin komen-mengomen Seru deh Makanya ni lagi pengen nambah kontak Ada referensi?