Skip to main content

tertampar oleh diri sendiri

sewaktu ngoreksi tadi, ada banyak lembar jawaban yang aneh. ada apa di lembar jawabannya?

"pak, minta tolong, saya dibantu nilainya, saya sudah mengulang matakuliah ini untuk kedua kalinya dan ini tahun terakhir saya masih bisa mengulang, saya mohon kali ini dibantu nilainya, maaf pak saya belum belajar"

hmm, entah kenapa, aku cenderung tidak suka dengan tulisan semacam itu. kenapa? it's oke kalo ada tulisan begitu dan jawabannya minimal bener separo, lah ini, cuma bener 2 dari 23 nomer. padahal posisinya dia mengulang. seharusnya dia lebih baik kan nilainya. okelah dia bukan anak kimia. tapi seenggaknya dia mau berusaha lebih sedikit aja, nyatanya yang lain banyak juga yang bener sampe separo. trus apa gunanya dia mengulang kalo masi sama kayak sebelumnya. sama-sama belum mudheng dan ga berusaha mudheng. apalagi ini taun trakhir dia kuliah (seperti yang tertulis di atas)

dan lagi dia menulis "maaf pak, saya belum belajar", lah, njuk ngopo gaweanmu le? kuliah ki yo kudune sinau. okelah mungkin dia kuliah sambil kerja. tapi seharusnya dia berusaha lebih sedikit aja dibanding yang lain. wong bisa masuk UGM, pasti deh punya kemampuan otaknya.

aku tau nilai bukan segalanya, tapi marilah kita lihat dari sisi lain. berstatus sebagai mahasiswa, brarti berstatus sebagai seorang pelajar (siap untuk belajar) yang pastinya aktivitasnya belajar. jadi ketika mahasiswa tidak belajar, itu brarti dia tidak bertanggungjawab atas statusnya. manusia dewasa seharusnya bisa bertanggungjawab atas hidupnya sendiri.

sebenernya bukan lagi nyalahin mahasiswa-mahasiswa tersebut, ga bisa juga ngejudge dia belum berusaha. bisa aja dia ga bisa jawab karena banyak faktor. yang jelas aku ga bisa nyalahin gitu aja hanya karena melihat dari satu sisi. sebenernya ini lagi dihubungkan sama diriku sendiri. mmm. apa yah. terkadang aku masi kebanyakan excuse. jadinya belum bisa maju-maju. njuk podho wae? entahlah...

Comments

  1. Pak, belum makan pak...laper...sudah sebulan ga makan ayam...saya ga papa dikasih A...saya dah pasrah...ikhlas pak, bener bener ikhlas Lillahita'ala...asal dibelikan ayam pak..

    :p

    C#

    ReplyDelete
  2. mental orang indonesia apa yah
    ckckck

    heran saya

    mending ga usah dikasi notes2 kek gt yah
    emank ga bisa ywdh hadapi aja
    ga bisa kok minta nilai bagus
    ga usaha kok minta nilai bagus
    ckckck

    ReplyDelete
  3. Nyogok ceritanya, barter ama kisah hidup (yg mnurut dy pantas dikasihani) :D

    ReplyDelete

  4. huum kali
    nyogoknya ga mutu banget dah

    ReplyDelete
  5. nyogoknya ga mutu banget dah -> mana ada nyogok mutu, ckckck

    ReplyDelete
  6. aku pernah bikin note juga mba di lembar jawaban ujian anatomi:

    "pak, jangan suka manjain mahasiswa dong!saya yang udah belajar, nggak trima...."

    gara2 awalnya close book kemudian pas lagi ujian dosennya dateng, yang lain yang merasa nggak bisa dan nggak belajara merengek minta open book....
    eh, dikabulin coba mba....
    *padahal aku nggak bawa buku sama sekali, hahaha

    trus habis ujian bapaknya minta maaf dikelas...*yeyeye

    gaya: nggak open book tapi aku tetep dapet A dong, B-)

    ReplyDelete
  7. Tp cuma sedikit kan Ki, yg spt itu ?

    ReplyDelete
  8. @depi
    kalo note gitu mah gapapa
    emank depi bener
    lah kalo mereka??
    udah ga blajar
    ga bisa jawab
    minta nilai bagus
    ckckck

    @mb yuni
    ada 5 dari 90 mahasiswa
    dan lima2nya angkatan tua
    *sigh

    ReplyDelete
  9. Aduh kebayang deh. Yg dikejar cuma nilai aja, bkn ilmunya dong.

    Tp tetap d beri nilai seharusnya kan Ki ?

    ReplyDelete
  10. hu um
    aku kasi nilai seadanya
    cuma bener 2 nilainya 0,8 (skala 1-10)

    ReplyDelete
  11. sama aja mba, kalo bapakku ngoreksi ya banyak dapet 'surat cinta'

    ReplyDelete
  12. masa?
    prasaan aku nek jawab ujian ga pake notes2an
    ternyata gt yah

    ReplyDelete
  13. nek aku ndisit (palig soal kur loro) dijawab sebisane, sing penting urut2ane nggarape bener walopun ora rampung, biasane tak tulisi..lanjutane lupa pak...maaf..........sukses biasane entuk B -.......ha..ha,.

    ReplyDelete
  14. beberapa mbaa.. yang setipe sama mahasiswa ini.. hwhwhw...

    ReplyDelete
  15. yo deritamu leeeeeee.....

    justru aku sayang mbek awakmu makane taun ngarep ngulang meneh ya.. ben kita ketemu meneh.. hihihi

    ReplyDelete
  16. hehehehehe.... ada-ada aja nih mahasiswa...:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ketika MP makin sepi...

Sedang merasa kompleks MP akhir-akhir ini sepi Yah Maybe lagi ada kesibukan masing-masing Gimanapun juga Urusan di dunia nyata lebih penting Jadi pengen nambah kontak Pengen gabung di "komunitas" baru Tapi ada ga yah Komunitas apaan juga Biar seru aja Kalo sepi terus, jadi ga asyik Kesannya nuntut banget yah Hehe Menurutku, ngempi paling asyik pas bulan mei-juni-juli kemaren Ngerasa komplek MP lagi rame-ramenya Semua kontakku rajin onlen semua Rajin posting Rajin komen-mengomen Seru deh Makanya ni lagi pengen nambah kontak Ada referensi?